Efforts to Improve Numeracy Skills Using Gravel Media Child of Group A BA 'Aisyiyah Pakunden 1
Keywords:
Ability, Counting, Pebble MediaAbstract
The ability to count is one of the basic skills in early childhood cognitive development. This study aims to improve the numeracy ability of Group A children at BA Aisyiyah Pakunden 1 through the use of gravel media as a learning aid. The research method used is classroom action research (PTK) with two cycles. The results showed that the use of gravel media significantly improved children's numeracy skills compared to conventional methods. The conclusion of this study is that gravel media is effective in increasing children's understanding of the concept of numbers. The use of concrete media such as pebbles helps children understand the concept of numbers through a more fun and interactive hands-on experience. Thus, gravel media can be an alternative in improving early childhood numeracy skillsReferences
Depdiknas. (2008). Pedoman Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Buku ini memberikan pedoman lengkap mengenai strategi dan pendekatan pembelajaran yang tepat bagi anak usia dini, serta menjelaskan pentingnya pengembangan keterampilan dasar pada tahap awal pendidikan.
Piaget, J. (1972). The Psychology of the Child. New York: Basic Books. Buku ini menjelaskan teori perkembangan kognitif anak yang diusung oleh Piaget, yang menekankan pentingnya pengalaman konkret dalam pembelajaran dan pengaruhnya terhadap perkembangan intelektual anak-anak.
Vygotsky, L. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press. Vygotsky mengemukakan bahwa interaksi sosial dan budaya berperan penting dalam perkembangan psikologis anak, yang berpengaruh pada cara anak memproses informasi dan belajar konsep-konsep baru.
Suherman, E. (2011). Pembelajaran Matematika untuk Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya. Buku ini membahas metode dan pendekatan yang efektif untuk mengajarkan matematika pada anak usia dini, dengan fokus pada konsep dasar yang sesuai dengan tahap perkembangan mereka.
Mewangi Ratna, Melly Latifah, dkk. (2005). Pendidikan Holistik. Jakarta-Bogor: Indonesia Heritage Foundation. Buku ini mengulas tentang pendidikan holistik yang memperhatikan aspek perkembangan anak secara menyeluruh, termasuk fisik, emosional, sosial, dan kognitif.
Sujiono Nurani Yuliani. (2011). Metode Pengembangan Kognitif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka. Buku ini mengulas berbagai metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kognisi anak, termasuk cara-cara yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak melalui aktivitas pembelajaran yang terstruktur.
Tatminingsih Sri, dkk. (2014). Panduan Pemantapan Kemampuan Profesional. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka. Buku ini memberikan panduan bagi para pendidik untuk mengembangkan keterampilan profesional mereka, serta meningkatkan kualitas pembelajaran yang mereka berikan kepada anak-anak.
Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Buku ini menyajikan konsep dan teknik evaluasi yang digunakan untuk mengukur efektivitas program pembelajaran, serta memberikan gambaran tentang bagaimana evaluasi dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan.
Gunawan, I. (2012). Psikologi Pendidikan: Aplikasi untuk Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Buku ini memberikan wawasan tentang penerapan teori psikologi dalam konteks pembelajaran, termasuk bagaimana pemahaman terhadap psikologi dapat membantu pendidik dalam merancang dan menerapkan pembelajaran yang efektif.
Santrock, J. W. (2009). Life-Span Development. New York: McGraw-Hill. Buku ini membahas perkembangan manusia sepanjang hayat, dengan fokus pada perkembangan fisik, kognitif, dan sosial pada anak-anak, serta implikasinya terhadap pembelajaran di sekolah.
Barlow, D. H. (2010). Clinical Handbook of Psychological Disorders. New York: Guilford Press. Meskipun lebih fokus pada gangguan psikologis, buku ini juga menyentuh aspek perkembangan anak yang berkaitan dengan masalah psikologis, serta strategi pendidikan untuk mendukung anak-anak yang mengalami kesulitan belajar.
Dewi, D. K. (2016). Metode Pembelajaran Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit Erlangga. Buku ini mengulas berbagai metode pembelajaran yang dapat diterapkan pada anak usia dini, dengan mempertimbangkan kebutuhan dan karakteristik perkembangan mereka.
Hurlock, E. B. (1978). Child Development. New York: McGraw-Hill. Buku ini menjelaskan tentang tahap-tahap perkembangan anak secara menyeluruh, yang mencakup perkembangan fisik, sosial, emosional, dan intelektual, serta bagaimana hal tersebut berpengaruh pada cara anak belajar.
Boudah, D. (2013). Designing Effective Instruction. Boston: Pearson Education. Buku ini membahas cara merancang instruksi yang efektif untuk anak-anak, dengan mempertimbangkan berbagai teori pembelajaran dan kebutuhan perkembangan mereka.
Shabani, K., Khatib, D., & Ebadi, S. (2010). The Zone of Proximal Development: A Review of the Theory. International Journal of Instruction. Artikel ini mengulas teori Zona Perkembangan Proksimal yang diusulkan oleh Vygotsky, dan bagaimana teori ini dapat diterapkan dalam pengajaran dan pembelajaran di kelas.
Dewi, I. P. (2014). Strategi Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Surabaya: Pustaka Ilmu. Buku ini membahas strategi-strategi pembelajaran yang efektif untuk anak usia dini, dengan fokus pada perkembangan kognitif dan sosial mereka.
McClelland, M. M., & Cameron, C. E. (2011). Self-regulation and Academic Achievement in Early Childhood. Educational Psychology Review, 23(4), 411-431. Artikel ini membahas hubungan antara pengaturan diri (self-regulation) dan pencapaian akademik pada anak-anak usia dini, serta bagaimana faktor-faktor ini berpengaruh dalam pembelajaran.
Collins, A., Brown, J. S., & Holum, A. (1991). Cognitive Apprenticeship: Making Thinking Visible. American Educator. Artikel ini mengenalkan konsep apendisasi kognitif, di mana anak-anak belajar dengan cara mengamati dan meniru proses berpikir orang dewasa yang lebih berpengalaman.
Sarbini, E. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Praktik Pembelajaran. Malang: Universitas Malang Press. Buku ini menggabungkan teori dan praktik dalam pembelajaran anak usia dini, memberikan wawasan bagi pendidik untuk memahami bagaimana cara mengajar yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak.
Kuo, L. J. (2012). Early Childhood Education: A Developmental Approach. London: Routledge. Buku ini membahas pendidikan anak usia dini dari perspektif perkembangan, termasuk berbagai metode dan pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak pada usia dini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.