The Implementation of the Demonstration Method in Improving the Ability to Read Hijaiyyah Letters Through Letter Card Games for Early Childhood Aged 5-6 Years at RA Baitul Hidayah Malintut

Authors

  • Wantinah RA Baitul Hidayah Malintu
  • Walini BA AIisyiyah Suren
  • WAKHIDAH NURAINI RA Sudirman Pojok
  • WANTINI BA Aisyiyah Kemunin

Keywords:

demonstration method,, hijaiyyah letters, card games, early childhood

Abstract

The ability to read hijaiyyah letters is an important basic skill for early childhood as the first step in learning the Qur'an. However, there are still many children who have difficulty recognizing and reading hijaiyyah letters properly. This study aims to analyze the application of the demonstration method in improving the ability to read hijaiyyah letters through letter card games in children aged 5-6 years at RA Baitul Hidayah Malintut. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. The subject of the study is children in the age group of 5-6 years who have difficulty reading hijaiyyah. Data was collected through observation, interviews, and documentation. The results of the study show that the application of the demonstration method combined with the letter card game can increase children's interest and understanding in recognizing and reading hijaiyyah letters. This method helps children be more active and enthusiastic in the learning process, because they can see firsthand the examples given by the teacher and participate in fun games. Thus, the demonstration method through letter card games can be used as an effective learning alternative in improving the ability to read hijaiyyah letters in early childhood.

References

Creswell, J. W. (2021). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods

Approaches. Sage Publications.

Fadlan, H., & Setyawati, P. (2022). Efektivitas pendekatan interaktif dalam pembelajaran

huruf hijaiyyah. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1), 54-70.

Fauziah, R., Hidayat, T., & Rahman, S. (2022). Pengaruh metode permainan kartu terhadap

kemampuan mengenal huruf hijaiyyah anak usia dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak

Usia Dini, 5(1), 45-56.

Fitriani, A., & Munawar, A. (2021). Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui

metode demonstrasi pada anak usia dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 9(2), 112-

125.

Hasanah, U., & Setiadi, W. (2021). Implementasi media kartu huruf dalam pembelajaran

huruf hijaiyyah bagi anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 67-

82.

Hidayati, R., & Prasetyo, B. (2023). Strategi pembelajaran berbasis permainan dalam

mengenalkan huruf hijaiyyah pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,

7(1), 67-80.

Iskandar, M., & Lestari, D. (2022). Efektivitas metode demonstrasi dalam meningkatkan

keterampilan membaca huruf hijaiyyah di RA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 8(3),

134-149.

118

Latifah, N., & Ridwan, S. (2023). Penggunaan media edukatif dalam pembelajaran huruf

hijaiyyah untuk anak usia dini. Jurnal Inovasi Pendidikan Islam, 10(2), 123-140.

Mulyani, T. (2023). Metode pembelajaran interaktif dalam pengajaran huruf hijaiyyah.

Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 88-102.

Nurfadillah, S., & Sari, N. (2021). Implementasi media kartu huruf dalam meningkatkan

kemampuan membaca huruf hijaiyyah pada anak TK. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1),

55-70.

Prasetyo, H., & Yulianti, D. (2023). Efektivitas metode permainan kartu dalam

meningkatkan minat belajar anak usia dini. Jurnal Psikologi Pendidikan, 11(2), 98-113.

Putra, A., & Lestari, R. (2023). Pengaruh metode demonstrasi terhadap keterampilan

membaca anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 34-49.

Rahayu, N., & Wahyudi, A. (2022). Media pembelajaran interaktif dalam pengajaran huruf

hijaiyyah di PAUD. Jurnal Pendidikan Islam dan Anak Usia Dini, 4(2), 77-90.

Rahmat, M., & Lestari, R. (2023). Pembelajaran huruf hijaiyyah berbasis permainan dalam

meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini,

6(3), 98-113.

Rahmawati, D., & Hidayat, T. (2021). Penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran

huruf hijaiyyah bagi anak usia dini. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 7(3), 101-116.

Ramadhani, F., & Setiawan, D. (2023). Peningkatan keterampilan membaca anak usia dini

melalui metode demonstrasi. Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 56-70.

Safitri, M., & Yasin, A. (2022). Pengaruh metode pembelajaran berbasis permainan terhadap

kemampuan membaca anak TK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Islam, 9(3), 115-

130.

Santoso, R. (2023). Peran metode demonstrasi dalam meningkatkan keterampilan membaca

Al-Qur’an anak usia dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 145-160.

Sari, N., & Anwar, F. (2022). Pengaruh penggunaan kartu huruf dalam pembelajaran huruf

hijaiyyah. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 8(1), 78-92.

Suharto, B., & Wati, E. (2021). Penggunaan media kartu huruf dalam meningkatkan

kemampuan membaca anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(3), 102-

118.

Suhendra, A., & Rina, M. (2023). Metode interaktif dalam pembelajaran huruf hijaiyyah:

Studi kasus di RA. Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 87-101.

Suryani, D. (2022). Perbandingan metode demonstrasi dan ceramah dalam pembelajaran

huruf hijaiyyah pada anak usia dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 9(1), 44-58.

Susanto, H. (2022). Implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran anak usia dini.

Jurnal Inovasi Pendidikan Islam, 6(1), 33-47.

Syamsuddin, A., & Rohani, T. (2023). Studi implementasi metode demonstrasi dalam

pengajaran huruf hijaiyyah. Jurnal Pendidikan Islam dan Inovasi, 6(1), 88-105.

Syarifah, I., & Yusuf, R. (2023). Strategi pembelajaran berbasis permainan dalam

mengenalkan huruf hijaiyyah. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 9(2), 45-60.

Wahyudi, L. (2021). Efektivitas metode demonstrasi dalam pembelajaran membaca anak

usia dini. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(4), 67-81.

Yulianti, R., & Hakim, S. (2023). Inovasi metode pembelajaran hijaiyyah berbasis digital

pada anak usia dini. Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 5(1), 34-49.

Yusuf, M., & Pratiwi, D. (2023). Pengaruh penggunaan kartu huruf terhadap motivasi belajar

anak dalam membaca huruf hijaiyyah. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 120-134.

Zainal, R., & Fadilah, N. (2022). Pembelajaran interaktif huruf hijaiyyah melalui media kartu

huruf di PAUD. Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 55-70.

Zubaidah, A., & Rahayu, L. (2023). Inovasi metode pembelajaran huruf hijaiyyah berbasis

teknologi. Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi, 6(2), 89-104.

Downloads

Published

2025-03-14

How to Cite

Wantinah, Walini, WAKHIDAH NURAINI, & WANTINI. (2025). The Implementation of the Demonstration Method in Improving the Ability to Read Hijaiyyah Letters Through Letter Card Games for Early Childhood Aged 5-6 Years at RA Baitul Hidayah Malintut. Indonesian Journal of Islamic Education, 1(1), 112–118. Retrieved from https://journal.maalahliyah.sch.id/index.php/ijie/article/view/153

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.