Research Method Challenges Audio-Visual Understanding of Asmaul Husna Learning Materials for Grade 4 of SD Negeri 101955 Naga Kisar

Authors

  • Jumiah SD Negeri 101955 Naga Kisar
  • Ratnawati UIN Syahada Padangsidimpuan
  • Rusnani UIN Syahada Padangsidimpuan
  • Lutik Aminah UIN Syahada Padangsidimpuan
  • Badariyah UIN Syahada Padangsidimpuan

Keywords:

Understanding, Audio Visual, Asmaul Husna, Learning, SD Negeri 101955 Naga Kisar, Learning Media

Abstract

: This study aims to examine the influence of the use of audio-visual media on students' understanding in learning Asmaul Husna material in grade 4 students at SD Negeri 101955 Naga Kisar. This study uses a quantitative research method with an experimental approach. The research design used is a pre-experimental design with the type of One-Group Pretest-Posttest Design. The research sample consisted of 6 grade 4 students who were selected using the purposive sampling technique. Before the treatment, students were given a pretest to measure their initial understanding of Asmaul Husna's material. Furthermore, students are given learning using audio visual media which contains explanations about Asmaul Husna in the form of interesting videos and animations. After learning, students are given a posttest to measure their improvement in understanding of the material. The data obtained from the results of the pretest and posttest were analyzed using descriptive statistical analysis techniques and t-test to find out if there was a significant difference between the pretest and posttest scores. The results of the study showed that there was a significant improvement in students' understanding after participating in learning with audio visual media, as evidenced by the increase in the average score from pretest to posttest. Based on the results of this study, it can be concluded that the use of audio visual media can increase students' understanding of Asmaul Husna material. Therefore, the use of audio-visual media is recommended to be applied in the learning process in elementary schools to increase students' absorption and interest in learning the material taught.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Buku ini memberikan gambaran umum mengenai prosedur penelitian yang dapat digunakan dalam penelitian pendidikan, termasuk penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Dewi, S. S. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Audio-Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Materi Asmaul Husna. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 45-58.

Artikel ini membahas penerapan media pembelajaran audio-visual pada materi Asmaul Husna di tingkat pendidikan dasar dan pengaruhnya terhadap pemahaman siswa.

Hamalik, O. (2008). Pendidikan: Dasar-Dasar dan Pengembangan Ilmu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Buku ini membahas dasar-dasar pendidikan dan pengembangan ilmu pendidikan yang relevan dalam memahami pengaruh metode pembelajaran terhadap siswa.

Heinich, R., Molenda, M., & Russell, J. D. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning. Upper Saddle River, NJ: Merrill Prentice Hall.

Buku ini memberikan wawasan tentang penggunaan media pengajaran, termasuk media audio-visual dalam proses belajar mengajar.

Mulyasa, E. (2011). Manajemen Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Buku ini membahas tentang manajemen pembelajaran berbasis kompetensi yang penting dalam memahami pengelolaan pembelajaran yang efektif, termasuk penggunaan media pembelajaran.

Rahman, F. (2015). Strategi Pembelajaran yang Efektif dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan, 22(3), 89-102.

Artikel ini membahas berbagai strategi pembelajaran yang efektif, termasuk penggunaan media audio-visual untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.

Sudjana, D., & Rivai, A. (2007). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Buku ini mengupas tentang penilaian dalam proses belajar mengajar, yang juga mencakup aspek-aspek evaluasi penggunaan media dalam pembelajaran.

Wibowo, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Audio-Visual terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Asmaul Husna. Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 75-82.

Artikel ini mengkaji pengaruh penggunaan media audio-visual terhadap pemahaman siswa dalam pelajaran Asmaul Husna di sekolah dasar.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Buku ini menyajikan panduan metode penelitian, baik kuantitatif, kualitatif, maupun penelitian dan pengembangan (R&D) yang relevan untuk penelitian pendidikan.

Yusuf, M. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 32-41.

Artikel ini membahas pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi, seperti audio-visual, dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.

Gagne, R. M. (1985). The Conditions of Learning and Theory of Instruction. New York: Holt, Rinehart & Winston.

Buku ini menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran yang dapat diterapkan dalam berbagai konteks pendidikan, termasuk penggunaan media dalam pengajaran.

Mayer, R. E. (2005). Cognitive Theory of Multimedia Learning. New York: Cambridge University Press.

Buku ini membahas teori kognitif dalam pembelajaran multimedia dan bagaimana kombinasi elemen audio-visual dapat meningkatkan pemahaman siswa.

Miarso, Y. (2004). Menjelajahi Inovasi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Buku ini membahas berbagai inovasi dalam dunia pendidikan, termasuk penerapan teknologi dan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar.

Kemp, J. E., & Smellie, D. C. (1994). Planning, Producing, and Using Instructional Media. New York: HarperCollins College Publishers.

Buku ini membahas perencanaan dan penggunaan media pembelajaran secara efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Buku ini membahas berbagai jenis media pembelajaran, termasuk media audio-visual, serta efektivitasnya dalam proses pembelajaran.

Munir. (2012). Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Buku ini menjelaskan konsep multimedia dalam pendidikan dan bagaimana penggunaannya dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Piaget, J. (1952). The Origins of Intelligence in Children. New York: Norton.

Buku ini menjelaskan teori perkembangan kognitif anak yang menjadi dasar dalam memahami cara anak belajar dan menyerap informasi, termasuk melalui media audio-visual.

Slavin, R. E. (2006). Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Pearson.

Buku ini mengulas berbagai teori psikologi pendidikan dan penerapannya dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas.

Dale, E. (1969). Audio-Visual Methods in Teaching. New York: Holt, Rinehart & Winston.

Buku ini memberikan wawasan tentang penggunaan metode audio-visual dalam pembelajaran dan bagaimana hal itu dapat meningkatkan pemahaman siswa.

Reiser, R. A., & Dempsey, J. V. (2017). Trends and Issues in Instructional Design and Technology. New York: Pearson.

Buku ini membahas tren terbaru dalam desain instruksional dan teknologi pendidikan yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.

Buku ini memberikan panduan dalam penyusunan tujuan pembelajaran dan strategi pengajaran yang lebih efektif.

Brown, H. D. (2007). Principles of Language Learning and Teaching. New York: Pearson Education.

Buku ini membahas prinsip-prinsip pembelajaran bahasa yang juga relevan dalam memahami cara siswa belajar melalui media audio-visual.

Schunk, D. H. (2012). Learning Theories: An Educational Perspective. Boston: Pearson.

Buku ini mengulas berbagai teori pembelajaran yang mendasari penggunaan media dalam meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar.

Downloads

Published

2025-03-15

How to Cite

Jumiah, Ratnawati, Rusnani, Lutik Aminah, & Badariyah. (2025). Research Method Challenges Audio-Visual Understanding of Asmaul Husna Learning Materials for Grade 4 of SD Negeri 101955 Naga Kisar. Indonesian Journal of Islamic Education, 1(2), 279–285. Retrieved from https://journal.maalahliyah.sch.id/index.php/ijie/article/view/239

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.