Implementation of Role-Playing Method in Introducing Islamic Figures to RA Nurhidayah Students
Keywords:
Role Play, Islamic Figures, Education, DevelopmentAbstract
Abstract: This research aims to analyze the implementation of the role-playing method in introducing Islamic figures to students at RA Nurhidayah, and to assess its effectiveness in enhancing children's understanding. Role-playing is a learning method well-suited to the characteristics of early childhood education, as it comprehensively engages cognitive, affective, and psychomotor domains. This study employs a classroom action research (CAR) approach with two cycles, each consisting of planning, implementation, observation, and reflection. The subjects were 20 students at RA Nurhidayah. Data was collected through observation, interviews, and documentation, and then analyzed using descriptive qualitative methods. The results indicate that role-playing can improve students' understanding of Islamic figures, such as Prophet Muhammad SAW, Abu Bakar Ash-Shiddiq, and Umar bin Khattab. Children showed greater enthusiasm, were more active, and were better able to remember and emulate the behavior of these figures after participating in the role-playing activities. Therefore, this method can serve as a beneficial alternative for introducing Islamic history to young children in a fun and meaningful way.Downloads
References
Amalia, J. (2024). "Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Galak, Slahung, Ponorogo." Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. https://etheses.iainponorogo.ac.id/31810/1/skripsi%20jamilaamalia.pdf
Arsyad, A. (2020). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. (Catatan: Buku ini mungkin tidak memiliki DOI karena merupakan publikasi buku cetak.)
Astuti, R., & Wahyuni, S. (2021). "Efektivitas Metode Bermain Peran dalam Pembelajaran Anak Usia Dini." Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 112-123. https://mail.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/4191/pdf
Budiarti, R. (2022). "Penerapan Pembelajaran Berbasis Bermain Peran untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak." Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 67-79. (Catatan: Informasi DOI tidak tersedia; untuk akses lebih lanjut, silakan merujuk ke jurnal terkait.)
Ermita, N. (2018). "Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Bahasa pada Anak Usia Dini di TK Assalam 1 Sukarame Bandar Lampung." Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. https://repository.radenintan.ac.id/5387/1/skripsi.pdf
Fauziddin, M., & Mufarizuddin. (2020). "Penggunaan Metode Bermain Peran dalam Pengembangan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 123-134. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2046810&title=Penggunaan+Metode+Bermain+Peran+dalam+Pengembangan+Kemampuan+Sosial+Anak+Usia+Dini&val=13365
Fauziddin, M., & Mufarizuddin. (2020). "Penggunaan Metode Bermain Peran dalam Pengembangan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 123-134.
Gunawan, H. (2020). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Gunawan, H. (2020). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta. (Catatan: Buku ini mungkin tidak memiliki DOI karena merupakan publikasi buku cetak.)
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2020). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications. (Catatan: Buku ini mungkin tidak memiliki DOI karena merupakan publikasi buku cetak.)
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2020). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Nevi Ermita. (2018). "Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Bahasa pada Anak Usia Dini di TK Assalam 1 Sukarame Bandar Lampung." Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. https://repository.radenintan.ac.id/5387/1/skripsi.pdf
Nisa, R. (2020). "Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini di PAUD Nurul Hilal." Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin Tembilahan. https://repository.stai-tbh.ac.id/bitstream/handle/123456789/113/SKRIPSI%20RAPIATUNNISA.pdf
Nurlaili, S., & Rahmawati, D. (2021). "Analisis Pengaruh Metode Bermain Peran dalam Meningkatkan Pemahaman Sejarah Islam pada Anak Usia Dini." Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 45-57. https://journal.stai musaddadiyah.ac.id/index.php/jm/article/view/904
Nurlaili, S., & Rahmawati, D. (2021). "Analisis Pengaruh Metode Bermain Peran dalam Meningkatkan Pemahaman Sejarah Islam pada Anak Usia Dini." Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 45-57. (Catatan: Informasi DOI tidak tersedia; untuk akses lebih lanjut, silakan merujuk ke jurnal terkait.)
Permata, V. H. P. (2021). "Aplikasi Metode Bermain Peran dalam Pengembangan Perilaku Sosial Anak di RA Al Azhar Metro Timur." Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7130/1/VIONICA%20HANA%20PITRANI%20PERMATA%20-%20vionica%20hana%20pitrani%20permata.pdf
Rapiatun Nisa. (2020). "Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini di PAUD Nurul Hilal." Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Auliaurrasyidin Tembilahan. https://repository.stai-tbh.ac.id/bitstream/handle/123456789/113/SKRIPSI%20RAPIATUNNISA.pdf
Rina Wulandari. (2023). "Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa melalui Metode Bermain Peran pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah 12 Setiabudi Pamulang." Prosiding Seminar Nasional FIP 2023, Universitas Muhammadiyah Jakarta. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/download/23515/11015
Santrock, J. W. (2021). Educational Psychology (7th ed.). New York: McGraw-Hill. (Catatan: Buku ini mungkin tidak memiliki DOI karena merupakan publikasi buku cetak.)
Santrock, J. W. (2021). Educational Psychology (7th ed.). New York: McGraw-Hill. (Catatan: Buku ini mungkin tidak memiliki DOI karena merupakan publikasi buku cetak.)
Suyadi, & Selvi, N. (2022). Metode Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Karakter Islami. Yogyakarta: Deepublish. (Catatan: Buku ini mungkin tidak memiliki DOI karena merupakan publikasi buku cetak.)
Suyadi, & Selvi, N. (2022). Metode Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Karakter Islami. Yogyakarta: Deepublish. (Catatan: Buku ini mungkin tidak memiliki DOI karena merupakan publikasi buku cetak.)
Trirezeki, N. (2022). "Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 56-68. (Catatan: Informasi DOI tidak tersedia; untuk akses lebih lanjut, silakan merujuk ke jurnal terkait.)
Vionica Hana Pitrani Permata. (2021). "Aplikasi Metode Bermain Peran dalam Pengembangan Perilaku Sosial Anak di RA Al Azhar Metro Timur." Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7130/1/VIONICA%20HANA%20PITRANI%20PERMATA%20-%20vionica%20hana%20pitrani%20permata.pdf
Wulandari, R. (2023). "Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa melalui Metode Bermain Peran pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah 12 Setiabudi Pamulang." Prosiding Seminar Nasional FIP 2023, Universitas Muhammadiyah Jakarta. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/download/23515/11015
Yusuf, M. (2023). "Model Pembelajaran Interaktif dalam Pendidikan Anak Usia Dini." Jurnal Inovasi Pendidikan Anak, 6(3), 88-102. (Catatan: Informasi DOI tidak tersedia; untuk akses lebih lanjut, silakan merujuk ke jurnal terkait.)
Yusuf, M. (2023). "Model Pembelajaran Interaktif dalam Pendidikan Anak Usia Dini." Jurnal Inovasi Pendidikan Anak, 6(3), 88-102. (Catatan: Informasi DOI tidak tersedia; untuk akses lebih lanjut, silakan merujuk ke jurnal terkait.)
Zaini, M., & Fauziah, R. (2023). "Implementasi Permainan Edukatif dalam Meningkatkan Literasi Keislaman Anak RA." Jurnal Pendidikan Islam dan Anak Usia Dini, 7(2), 134-147. (Catatan: Informasi DOI tidak tersedia; untuk akses lebih lanjut, silakan merujuk ke jurnal terkait.)
Zaini, M., & Fauziah, R. (2023). "Implementasi Permainan Edukatif dalam Meningkatkan Literasi Keislaman Anak RA." Jurnal Pendidikan Islam dan Anak Usia Dini, 7(2), 134-147. (Catatan: Informasi DOI tidak tersedia; untuk akses lebih lanjut, silakan merujuk ke jurnal terkait.)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.